Marketplace

Madu terkenal sebagai salah satu obat yang dapat memulihkan kesehatan.
 
Nabi Muhammad memiliki stamina tubuh yang kuat. Karena semasa hidupnya, Nabi Muhammad hanya pernah dua kali merasa sakit.
Rasulullah SAW bersabda:
“Penyembuhan bisa lewat tiga macam: bekam, minum madu, atau membakar dengan api. Dan aku melarang umatku membakar dengan api.” (HR. Bukhari).
 
Khasiat madu menurut Islam tertuang di Al-Qur’an:
“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir.” (QS. An-Nahl: 68-69).
 
Warna madu berbeda-beda, ada madu berwarna kuning, merah hingga putih. Ini tergantung dari tempat hidup lebah.
 
Secara klinis, madu mengandung antibakteri sehingga membuat tubuh terhindar dari kuman penyakit. Madu juga dapat membersihkan kotoran di usus, menyembuhkan batuk berdahak, menyembuhkan luka, menyehatkan pencernaan hingga meningkatkan daya tahan tubuh.