8 Tips Bisnis Online Untuk Pemula Agar Cepat Sukses

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat banyak sekali dampak positif yang bisa kita dapat, salah satunya adalah terbukanya peluang bisnis online selebar-lebarnya. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya media sosial, saat ini media sosial sudah digunakan oleh siapa saja baik kalangan atas maupun bawah. Dengan menjalankank bisnis online pastinya Anda akan lebih leluasa dalam mengatur waktu kerja, karena pada dasarnya bisnis online tidak terikat dengan waktu, serta bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Bisnis online merupakan kegiatan jual beli produk maupun membuka jasa secara online yang bisa diwujudkan dalam beberapa jenis, seperti toko online, social media, website, blog, channel Youtube, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya tips bisnis online ini dapat dipelajari oleh siapa saja, terutama bagi Anda yang baru ingin terjun ke dalam dunia bisnis online pastinya harus mengetahui kiat-kiat tertentu sebelum terjun langsung ke medan perang. Ini bertujuan agar kedepannya bisnis Anda dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan.

Tips Bisnis Online

Tips Bisnis Online

Sebenarnya dalam menjalankan bisnis apapun pastinya tidak mudah, namun bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Untuk itu disini tim Bisnisqu telah merangkum beberapa tips bisnis online untuk pemula agar tidak salah mengambil langkah, berikut penjelasannya.

1. Menentukan Produk atau Jasa yang Ingin Dipasarkan

Tips menjalankan bisnis online dari nol yang paling utama adalah menentukan produk atau jasa yang ingin dijual. Anda harus paham betul dengan produk atau jasa yang ingin dijalankan pada bisnis online tersebut, karena jika tidak bagaimana mau memulainya.

Anda harus memikirkan produk atau jasa apa yang sedang hits dan apakah produk atau jasa tersebut dapat menjadi solusi dari masalah yang ada di masyarakat atau tidak? Anda bisa menjual produk atau jasa berdasarkan passion yang Anda miliki, misal Anda senang menulis maka Anda bisa membuka jasa penulisan artikel atau jika Anda senang dengan otomotif, maka Anda dapat menjual berbagai macam jenis kendaraan seperti mobil atau motor.

2. Melakukan Riset Pasar Terlebih Dahulu

Setelah mengetahui apa produk atau jasa yang ingin dipasarkan, tips selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Riset pasar sangat penting untuk mengetahui potensi dari bisnis yang akan dijalankan. Secara singkat, Anda harus mengumpulkan beberapa data yang dijadikan sebagai pondasi bisnis yang kuat, data tersebut dapat berupa daftar kata kunci yang sering dicari oleh banyak orang, mengecek tren di media sosial, dan lainnya.

Untuk melakukan hal tersebut Anda bisa membuat survei, bergabung ke beberapa forum yang sesuai dengan kategori bisnis, dan menggunakan tools tambahan seperti Google Trends. Dengan adanya data-data tersebut, nantinya dapat dijadikan bahan objektif untuk mengambil sebuah keputusan bisnis.

3. Melakukan Riset Kompetitor

Tips menjalankan bisnis online selanjutnya setelah melakukan riset pasar adalah melakukan riset kompetitor. Hal ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana strategi yang dijalankan oleh kompetitor, sehingga nantinya bisnis yang kita jalani dapat mengalahkannya. Anda harus mempelajari bagaimana cara kompetitor mendekati konsumen, apa saja kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor, hingga menganalisa kekurangan kompetitor yang bisa dimanfaatkan menjadi nilai tambah pada bisnis online yang akan Anda jalankan.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset kompetitor ini, yaitu seperti mengunjungi website kompetitor, mengunjungi media sosial kompetitor, mencari review atau ulasan pengguna kompetitor, serta membandingkan harga kompetitor.

4. Mencari Supplier Terpercaya

Jika Anda memilih untuk membuat bisnis online dengan menjualkan sebuah produk atau barang, maka Anda harus mencari supplier yang sudah terpercaya. Anda dapat mencari supplier dimana saja, namun sebaiknya Anda langsung mengunjungi supplier dari tangan pertama, agar keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya lebih maksimal.

Misal, jika Anda ingin menjual sepatu maka Anda bisa mendatangi supplier sepatu di daerah Cibaduyut, Bandung. Jika ternyata produk atau barang yang ingin Anda jual tidak ada suppliernya di Indonesia, maka Anda bisa melakukan import barang dari luar negeri, salah satu toko online yang menyediakan daftar supplier terpercaya dari seluruh dunia adalah Alibaba.

5. Membuat Brand Bisnis Online

Dalam sebuah bisnis online, brand dapat dikatakan sebagai nyawa, karena jika tidak ada brand maka sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Untuk itu Anda harus memikirkan secara matang mengenai brand ini, yang dimaksud dalam brand adalah identitas, logo, atau nama dari sebuah bisnis yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis orang lain.

Anda harus menciptakan brand yang mudah diingat dan mendapatkan kepercayaan dari para costumer, misal jika Anda melihat warna biru pastinya tidak asing dengan perusahaan BCA, nah sama seperti itu, Anda harus menciptakan brand yang melekat sehingg mudah diingat oleh costumer, sehingga customer bisa membeli barang atau menggunakan jasa Anda secara berkelanjutan.

6. Membuat Website

Setelah bisnis online Anda mempunyai identitas, logo, dan nama maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat website. Dalam bisnis online, website dapat diibarakan seperti halnya toko fisik di bisnis offline. Menurut survei yang dilakukan, hampir 56 persen orang tidak percaya dengan bisnis online yang tidak mempunyai website. Untuk itu hal ini sangat diperlukan untuk membangun kepercayaan kepada calon costumer Anda.

Anda harus membangun website secara profesional, seperti menggunakan domain terpercaya seperti com, net, dan org, menggunakan desain yang elegan, dan mempunyai navigasi yang memudahkan costumer.

7. Membuat Akun Media Sosial

Di dalam bisnis online, tidak hanya website saja yang diperlukan, tetapi Anda harus membuat akun media sosial juga. Anda dapat membuat akun di berbagai media sosial populer, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, hingga TikTok. Media sosial mempunyai fungsi untuk menjangkau costumer dengan lebih mudah, sehingga costumer dapat membeli produk atau jasa Anda dengan lebih cepat.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat media sosial adalah Anda harus mempunyai admin yang kreatif dan pastinya harus stand by untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh calon costumer Anda.

8. Melakukan Promosi Secara Strategis

Tips untuk bisnis online yang terakhir adalah melakukan promosi secara strategis. Anda dapat melakukan berbagai macam promosi yang bisa dilakukan secara gratis maupun berbayar, semua cara tersebut pastinya mempunyai keunggulan masing-masing.

Contoh promosi berbayar yang bisa Anda lakukan adalah dengan beriklan di Facebook, Instagram, dan TikTok. Ketiga media sosial tersebut sangat populer sehingga dapat menjangkau costumer lebih luas, selain itu harganya juga dapat disesuaikan dengan modal yang Anda punya.

Sedangkan untuk promosi gratis, Anda dapat melakukan optimasi SEO pada website yang telah dibuat sebelumnya. Dengan mengoptimasi SEO nantinya website Anda dapat ditemukan dengan mudah jika calon costumer mengetikkan sebuah kata kunci yang berhubungan.

Nah, Anda dapat melakukan promosi gratis dan berbayar secara bersamaan agar keuntungan yang didapat lebih maksimal untuk kemajuan bisnis online Anda.

Itu dia beberapa tips bisnis online untuk pemula, jadi apakah Anda sudah siap untuk mengeksekusinya?

Posting Komentar untuk "8 Tips Bisnis Online Untuk Pemula Agar Cepat Sukses"