Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Saat ini peluang bisnis online semakin besar akibat pesatnya perkembangan pada dunia digital, seperti internet dan media sosial. Bisnis online dapat dilakukan oleh siapa saja berkat adanya teknologi internet. Ada banyak keuntungan yang didapat ketika menjalankan bisnis online, karena untuk menjalankannya Anda tidak terikat oleh waktu, Anda dapat bekerja kapan saja dan dimana saja.

Bisnis online juga dapat Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan, terutama untuk Anda yang belum mendapatkan gaji yang cukup dari kantor, dibanding meminjam kesana sini lebih baik menjalankan bisnis online untuk mencari penghasilan tambahan.

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Nah, untuk Anda yang masih pemula atau baru ingin terjun ke dalam bisnis online, Anda dapat belajar bagaimana cara memulai bisnis online yang benar di internet secara gratis. Nah, di artikel kali ini saya sudah merangkum cara memulai bisnis online untuk pemula agar cepat berkembang.

1. Mencari Peluang

Sebelum Anda memulai, pastikan produk yang ingin Anda jual merupakan produk yang dibutuhkan oleh banyak orang. Untuk itu Anda harus mencari peluang bisnis dimana saja, seperti di media sosial, forum, marketplace, atau bertanya langsung kepada orang terdekat Anda.

Selain itu, bisnis atau produk yang ingin Anda jual mempunyai potensi yang besar, yaitu bisnis yang dapat menjadi solusi bagi sebuah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Misal, dahulu founder Gojek kesulitan untuk mendapatkan transportasi menuju kantor, untuk itu ia membuat Gojek sebagai solusinya. Karena pada dasarnya bisnis yang besar merupakan bisnis yang dapat menjadi solusi bagi segala permasalahan yang terjadi di setiap orang.

Anda juga dapat menjadikan hobi Anda menjadi peluang bisnis, selain mendapatkan penghasilan pastinya Anda akan lebih semangat menjalankannya.

2. Riset Pasar

Langkah selanjutnya yang harus Anda jalani adalah melakukan riset pasar. Cara ini wajib dijalankan oleh Anda yang ingin memulai bisnis dari nol, hal ini sangat penting untuk mencari data yang dapat menunjang bisnis Anda kedepannya, karena segala keputusan dalam bisnis harus berdasarkan data, bukan sekedar asumsi atau opini.

Apa saja yang harus di riset? Yang paling utama adalah melakukan riset kata kunci atau keyword dari bisnis Anda. Hal ini agar Anda mengetahui kata kunci apa saja yang sering dicari oleeh banyak orang yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, Anda juga harus melakukan riset dari tren masalah dan kebutuhan. Untuk melakukannya Anda dapat menggunakan tools seperti Google Trends maupun bergabung ke berbagai forum dan grup di media sosial.

3. Menentukan Produk Yang Akan Dijual

Setelah melakukan kedua hal di atas, selanjutnya Anda dapat menentukan produk yang sesuai dengan peluang dan riset yang sudah dijalankan. Anda dapat memilih menjual produk fisik, seperti gadget, alat olahraga, alat kesehatan, furniture, souvenir dan lain sebagainya. Selain produk fisik, Anda juga dapat menjual jasa yang bisa Anda jalankan, seperti jasa pembuatan website, jasa penulis artikel, dan lain sebagainya.

4. Analisa Kompetitor

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda harus mengetahui siapa kompetitor yang akan dihadapi, kelebihan yang dimiliki dan kekurangan yang dimilikinya. Anda harus mempelajari setiap hal yang ada pada kompetitor agar Anda dapat memenangkan persaingan.

Untuk menganalisanya Anda dapat mengunjung website kompetitor untuk mengetahui bagaimana cara mereka menampilkan produk dan deskripsinya, bagaimana mereka menampilkan media sosialnya, fitur yang ditawarkan oleh mereka, metode pembayaran hingga metode pengiriman yang mereka lakukan.

Setelah website, Anda juga dapat mengunjung media sosial kompetitor, ini berguna untuk mengetahui bagaimana cara mereka mempromosikan produk di media sosial, media sosial apa saja yang digunakan, apakah efektif mempromosikan produk di media sosial, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga harus memahami market positioning kompetitor dan harga yang ditawarkan kompetitor. Harga barang atau jasa sangat berpengaruh terhadap jumlah penjualan, terutama untuk Anda yang ingin berjualan di marketplace, pastinya harga yang ditawarkan oleh kompetitor lebih kompetitif.

5. Membuat Website

Fungsi website sangat penting bagi setiap bisnis online, karena website dapat diibaratkan sebagai sebuah toko fisik dari bisnis online yang Anda jalankan. Jika Anda ingin menjual baju, makanan, atau barang lain pastinya akan terasa kurang terpercaya jika tidak ada website yang menampilkan produk. Karena trust kepada customer sangat penting bagi setiap bisnis, apapun bentuknya tanpa terkecuali.

6. Strategi Pemasaran Yang Tepat

Menjalankan bisnis memang tidak jauh dari kata pemasaran atau marketing. Sebagai calon pebisnis sukses, Anda harus piawai dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat agar bisnis yang Anda jalankan tidak mengalami kerugian. Strategi pemasaran yang tepat mempunyai arti bahwa Anda ddapat memasarkan bisnis online kepada orang yang tepat atau memiliki potensi untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Ada banyak strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan, seperti menggunakan Google My Business, optimasi SEO, dan menggunakan media sosial.

  • Google My Business digunakan agar bisnis online Anda dapat diketahui oleh calon konsumen, Anda dapat menambahkan nama bisnis, alamat, email, jam operasional, website, nomor telepon, foto, dan masih banyak lagi. Selain itu customer atau pembeli yang sudah pernah menggunakan juga dapat memberikan review.
  • Optimasi SEO digunakan agar ketika calon customer mengetikkan kata kunci tertentu, maka website Anda akan muncul di halaman pertama, hal ini sangat penting walaupun budget yang dikeluarkan akan lebih tinggi, karena website yang sudah tampil di halaman pertama google dapat ditemukan dengan mudah oleh calon customer dan dapat bertahan lebih lama.
  • Sedangkan media sosial merupakan platform yang sangat tepat untuk menjangkau calon customer lebih dekat, Anda harus memikirkan konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis online Anda.

Agar lebih optimal, Anda dapat menggunakan semua strategi pemasaran yang sudah dijelaskan di atas.

7. Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

Cara memulai bisnis online dari nol yang selanjutnya adalah membangun hubunan baik dengan pelanggan. Membangun hubungan dengan customer atau pelanggan merupakan hal yang tidak kalah penting dalam bisnis online. Berbeda dengan bisnis offline, cara membangun hubungan dengan pelanggan di bisnis online lebih bervariasi.

Cara yang paling efektif adalah dengan menambahkan customer support untuk menjawab semua keluhan yang dialami oleh pelanggan. Tentunya pelanggan akan merasa puas jika dibantu dengan cepat oleh customer support. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan strategi email marketing. Anda dapat mengirim pesan kepada pelanggan menggunakan email, baik itu pesan edukasi, promosi, maupun hanya sekedar berkomunikasi kecil saja.

Baca juga:

Demikian cara memulai bisnis online dari nol yang harus diterapkan oleh para pemula. Tentunya sebelum Anda terjun ke dalam bisnis online, pastikan Anda menyiapkan mental yang kuat, karena Anda harus terus berusaha agar bisnis online yang Anda jalankan menjadi sukses.

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula"