Macam-Macam Bisnis Yang Potensial Dan Wajib Diketahui

Macam-Macam Bisnis

Kata bisnis sendiri sudah tidak asing lagi bukan di telinga Anda? Bisnis adalah suatu organisasi yang melakukan kegiatan dalam menjual barang maupun jasa kepada konsumen ataupun sesama partner bisnis demi mendapatkan laba. Bisnis sendiri menjadi sebuah idaman bagi banyak orang, pasalnya dengan berbisnis Anda akan menjadi pengusaha sukses dengan penghasilan hingga miliaran jika dilakukan secara serius dan ditekuni. Dan bisnis sendiri bergerak dalam kegiatan professional, industri, dan komersial.

Macam-Macam Bisnis

Lalu, bisnis sendiri memiliki berbagai macam jenis, terus apa saja bisnis tersebut? Berikut macam-macam bisnis yang potensial untuk dijalankan di tahun 2022 ini.

1. Bisnis Manufaktur

Bisnis manufaktur adalah sebuah bisnis bahan baku yang masih mentah untuk memproduksi barang dengan menggunakan bantuan beberapa alat, mesin produksi, dan lainnya. Selain itu, bisnis manufaktur juga dapat memproduksi barang yang masih setengah jadi menjadi barang jadi.

Contoh perusahaan yang menggunakan bisnis manufaktur adalah perusahaan baju dan tekstil, perusahaan ini memproduksi berbagai macam jenis pakaian yang telah jadi dan siap untuk digunakan dengan bahan pakaian yang masih mentah hanya berupa kain, setelah pakaian tersebut jadi kemudian dapat dikirimkan ke berbagai daerah.

Sistem bisnis manufaktur sendiri dipastikan efisien karena melibatkan berbagai macam unsur, mulai dari adanya pengelolaan SDM, kualitas dari produk yang dibuat, adanya kreativitas pekerja, dan sistem persediaan yang maksimal.

Bisnis manufaktur memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya adalah:

  • Pendapatan yang diperoleh dari bisnis ini berasal dari penjualan, artinya pendapatan utama akan didapatkan dari produk yang telah dihasilkan.
  • Produk yang dijual harus berwujud dimana produk ini dapat disentuh, diraba, dan dilihat. Sehingga barang persediaannya dapat berupa fisik. Namun, untuk menghasilkan sebuah produk, persediaan harus selalu ada sehingga tidak akan menyebabkan terganggunya proses produksi.
  • Untuk melakukan proses pengolahan produk harus membutuhkan waktu yang lama serta tenaga kerja yang cukup banyak. Karena membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga kerja yang cukup banyak, maka bisnis ini memerlukan adanya mesin produksi yang memiliki skala besar untuk membantu sistem produksi.

Bisnis manufaktur memiliki pengaruh besar bagi kelangsung bisnis serta perekonomian yang ada di Indonesia, bahkan bisnis ini telah mencapai peringkat sepuluh besar di dunia. Menjalankan bisnis manufaktur juga dapat meningkatkan bahan baku, membantu para pekerja di luaran sana yang harus kehilangan pekerjaan dengan bekerja di bisnis manufaktur, bahkan bisnis ini dapat menyumbang pajak terbesar.

2. Bisnis Jasa

Bisnis selanjutnya adalah bisnis jasa. Sesuai dengan namanya yaitu jasa, maka bisnis ini merupakan sebuah bisnis yang menjual dan mewarkan sebuah produk dalam bentuk jasa. Bisnis ini memiliki sistem dengan menawarkan keahlian yang dimiliki dan bermanfaat kepada konsumen agar mendapatkan keuntungan dan penghasilan. Dan untuk sistem penghasilannya sesuai dengan kesepakatan di awal.

3. Bisnis Dagang

Bisnis dagang merupakan bisnis yang tugasnya membeli barang atau produk dengan menjualnya kembali agar mendapatkan keuntungan atau profit. Produk yang dijual merupakan produk yang telah jadi. Keuntungan yang diperoleh berasal dari biaya operasional dan distribusi yang telah diperhitungkan. Bisnis ini dapat menjual berbagai macam produk dengan menyetok dalam jumlah besar maupun dengan menjual sedikit demi sedikit.

Bisnis ini tidak mengharuskan Anda untuk memiliki modal yang cukup banyak karena tanpa adanya modal pun akan tetap berjalan. Selain itu, modal juga relatif dan tidak memiliki batasan. Bisnis dagang hanya memiliki 1 orang pengelola dimana orang tersebut sebagai pemiliki dan pendiri serta pemberi modal yang akan dikeluarkan.

4. Bisnis Finansial

Bisnis finansial merupakan sebuah bisnis yang lebih fokus mengenai pembahasan masalah keuangan. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis finansial adalah melalui investasi dan modal yang dikelola. Bisnis ini lebih memfokuskan aktifitas dalam melakukan pengelolaan transaksi uang yang masuk dan keluar. Bisnis ini sangat membantu bagi banyak orang untuk menyiapkan jaminan hari tua dengan merasa aman. Bisnis finansial sendiri sedang naik daun sebab semakin berkembangnya zaman, banyak sebagian orang bahkan hampir semua orang yang ingin berinvestasi, terutama investasi di sektor kesehatan.

5. Bisnis Agraris

Bisnis agraris merupakan sebuah bisnis yang memanfaatkan lahan ataupun tanah dalam melakukan kegiatan produksi, selain itu, bisnis ini terdiri dari pertanian dan perkebunan. Dan hasil yang diperoleh dari melakukan bisnis ini adalah meliputi bahan pangan yang terdiri atas jagung, umbi-umbian, sayuran, buah-buahan, padi, dan juga jagung. Uniknya lagi hanya dengan menjalankan bisnis ini dapat menghasilkan bahan baku industry yang berbagai macam.

6. Bisnis Online

Salah satu bisnis yang mengedepankan kegunaan dari teknologi adalah bisnis online. Bisnis online hanya memanfaatkan teknologi serta internet. Kegiatan yang dapat dilakukan dalam melakukan bisnis online adalah dengan memperjual belikan berbagai macam produk baik itu elektronik, bahan sandang dan pangan, serta jasa. Dan dalam bisnis online sendiri ada istilah yang namanya reseller dan dropshipper. Reseller adalah orang yang membeli produk dan menyetoknya baru setelah itu akan dijual kembali. Dan dropshipper adalah orang yang hanya memasarkan sebuah produk tanpa harus membeli produk tersebut dan tanpa harus mengeluarkan modal sedikit pun.

Saat ini bisnis online menjadi sebuah primadona dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya, sebab keuntungan yang akan diperoleh tidak main-main. Selain itu, waktu untuk menjalankan bisnis ini pun fleksibel sehingga tidak adanya batasan waktu dan tidak harus sesuai dengan jam kerja. Sedangkan, untuk memasarkan produk yang akan dijual dapat memanfaatkan sosial media yang dapat digunakan, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan sosial media lainnya.

7. Bisnis Multi Level Marketing (MLM)

Macam-macam bisnis selanjutnya adalah Multi Level marketing (MLM) atau pemasaran berjenjang. Banyak yang menilai bahwa bisnis MLM dianggap tidak menguntungkan, padahal bisnis yang satu ini sangat menguntungkan sebab sistem dalam pemasaran berisi anggota upline dan downline yang telah terbentuk dalam piramida. Selain itu, bisnis ini dapat meningkatkan pemasukan dengan meningkatkan laba serta omset penjualan.

Bisnis MLM memiliki sistem pemasaran yang dilakukan secara berjenjang atau terdiri dari tingkatan level. Pekerja pada bisnis MLM tidak memiliki waktu tertentu yang artinya bahwa pekerjanya tidak terikat dengan waktu kerja. Selain tidak terikat dengan waktu, Bahkan sales tidak hanya mendapatkan komisi dari produk yang telah dijual, melainkan juga dari hasil penjualan produk sales lain yang telah direkrut.

8. Bisnis Transportasi

Bisnis transportasi merupakan sebuah bisnis yang dilakukan dalam bidang pengangkutan. Bisnis ini memperoleh keuntungan dari pengantaran barang maupun orang dari satu tempat ke tempat lain. Bisnis ini sangat menjanjikan pasalnya saat ini hampir semua orang ingin bepergian menggunakan transportasi apalagi jika tempat tujuannya jauh.

Itu dia macam-macam bisnis yang sangat menjanjikan. Kuncinya untuk memulai bisnis adalah harus memiliki perencanaan yang jelas. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu dalam bidang bisnis, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Bisnis Yang Potensial Dan Wajib Diketahui"