10 Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula Dari NOL Hingga SUKSES

Cara Memulai Bisnis

Banyak sebagian orang menginginkan menjadi pebisnis sukses yang memiliki keuntungan ratusan juta hingga miliaran. Namun, masih banyak pemula yang baru merintis bisnis dan belum memahami cara untuk memulai bisnis. Walaupun sudah bagus karena telah memiliki niat untuk menjadi seorang pebisnis. Tapi untuk memulai sebuah bisnis tidak hanya mengandalkan niat saja, namun harus ada konsep dan wawasan untuk memulai bisnis tersebut.

Bukan hanya modal yang harus diperhatikan dalam berbisnis, melainkan cara bagaimana untuk memulai bisnis agar bisnis yang akan dijalankan dapat berhasil. Jadi wawasan dan konsep tentu saja sangat penting bagi kelangsungan sebuah bisnis, apalagi jika Anda baru memulai dari nol dan tidak memiliki pengalaman apapun.

Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula

Dan cara memulai bisnis harus Anda pahami langkah demi langkah, dari mulai menentukan ide bisnis, strategi apa yang harus dijalankan, melakukan riset produk, dan langkah-langkah lainnya. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat menyimak ulasan di bawah mengenai cara memulai bisnis.

1. Yakin Untuk Memulai Bisnis

Untuk memulai bisnis tentu saja hal utama yang harus dilakukan adalah menyakinkan diri dan hati untuk memutuskan pilihan yang akan Anda pilih. Dan jika Anda tidak memiliki keyakinan diri dan hati, bisnis yang Anda jalankan akan dengan mudah dijatuhkan oleh pihak yang tidak menyukai Anda maupun bisnis yang sedang Anda jalankan. Dan nantinya bukannya untung malah buntung.

2. Menentukan Bisnis yang Akan Dijalankan

Hal yang paling mendasar untuk Anda lakukan adalah menentukan bisnis seperti apa yang akan dijalankan, karena sekiranya Anda telah mengetahui bisnis yang akan dijalankan maka segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah.

Apakah bisnis yang akan dijalankan adalah bisnis kuliner, bisnis toko online, bisnis pakaian, maupun bisnis lainnya. Untuk menentukan bisnis, Anda tidak harus sesuai dengan bidang yang dimiliki, melainkan kuncinya adalah harus sesuai dengan pengalaman yang Anda miliki. Sebab dengan adanya pengalaman, Anda akan lebih tau apa yang harus dilakukan ketika ada masalah dengan mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

Selain itu, dalam menentukan bisnis apa yang akan dijalankan, Anda dapat menyesuaikannya dengan anggaran biaya yang dimiliki, artinya modal yang akan dikeluarkan harus sesuai dengan bisnis.

3. Persiapan Model Bisnis

Setelah menentukan bisnis yang akan dijalankan, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan model bisnis. Model bisnis sendiri sangat penting dalam kelancaran sebuah bisnis, sebab model bisnis bertujuan untuk membantu dalam melakukan perancangan bisnis dengan menetapkan beberapa elemen penting. Anda dapat mempersiapkan beberapa model bisnis dengan mencari beberapa informasi yang sedang naik daun dan sedang berkembang.

4. Berpikir Secara Out of the Box

Berpikir secara out of the box artinya adalah berpikir yang telah melampaui batasan untuk menciptakan sebuah ide baru yang kreatif yang sebelumnya belum pernah terfikirkan oleh orang lain. Maka dari itu, untuk menjalankan sebuah bisnis Anda harus lebih banyak dalam menciptakan sebuah ide agar bisnis yang dijalankan berbeda dengan yang lain dan memiliki keunikan tersendiri.

5. Menentukan Visi dan Misi Dari Bisnis yang Anda Miliki

Penentuan visi dan misi pada bisnis Anda tentu saja sangat penting, karena visi dan misi dijadikan sebagai dasar sebuah acuan dalam mengembangkan sebuah bisnis dan penting dalam menentukan tujuan dari bisnis yang dijalankan. Visi dan misi juga dijadikan sebagai patokan dalam menyebutkan kelebihan yang dimiliki bisnis Anda. Jadi, jika ada orang yang menanyakan apa kelebihan dari bisnis Anda, maka Anda dapat lebih paham dalam mengatakan kelebihannya. Selain itu, dengan adanya visi dan misi dapat memudahkan Anda dalam mempromosikan bisnis yang Anda jalankan.

6. Menulis Rencana Bisnis

Menuliskan rencana bisnis dapat membuat Anda lebih terarah dalam menjalankan sebuah bisnis. Bahkan dengan adanya rencana bisnis, dapat membantu Anda dalam membentuk sebuah ide untuk memiliki semua proses yang tersusun secara rapi.

Tanpa adanya perencanaan dalam bisnis yang Anda jalankan, apa mungkin akan berjalan dengan lancar? Tentu saja jawabannya tidak, ibarat mesin, nama bisnis hanyalah sebuah instrumen, rencana bisnis lah yang mengendalikan seluruh sistem operasinya.

Meskipun Anda baru saja memulai sebuah bisnis, tetapi pemahaman yang Anda miliki dalam penafsiran mengenai hal-hal yang tidak diketahui secara kuat, itu saja sudah menambah nilai plus bagi Anda, karena Anda dapat melatih untuk menemukan sebuah solusi dengan aktif.

Menulis rencana bisnis sama halnya ketika memetakan jalur untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Namun seiring berjalannya waktu banyak hal akan berubah dan detail rencana yang Anda fikirkan akan menjadi lawas, maka dari itu Anda perlu menulis recana bisnis dengan menambahkan ide baru yang akan dituangkan ke dalam bisnis yang Anda jalankan.

7. Melakukan Survey

Sebelum mewujudkan bisnis apa yang diinginkan, Anda harus melakukan survey terlebih dahulu. Terdapat beberapa indikator survey yang harus Anda ketahui dan harus dilakukan, terdiri atas survey harga, survey tempat, survey konsumen, survey pemasaran, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya survey, Anda dapat mengumpulkan beberapa informasi mengenai bisnis yang akan Anda jalankan. Misalnya adalah dengan melakukan survey pemasaran, Anda dapat mengumpulkan informasi mengenai tingkat pemasaran. Sudah berapa banyak produk yang telah dipasarkan, berapa kapasitas produk dalam sekali pemasaran.

Selanjutnya ada survey tempat, Anda dapat menentukan tempat seperti apa yang dapat mendukung bisnis yang akan dijalankan dengan menentukan strategi dalam pemilihan tempat. Usahakan untuk melakukan survey tempat Anda dapat mencari tempat yang padat penduduk dan memiliki tingkat keramaian yang tinggi, karena dengan begitu dapat mempengaruhi tingkat tingginya konsumen untuk melirik bisnis yang Anda jalani.

8. Menyiapkan Modal

Untuk memulai sebuah bisnis Anda dapat menyiapkan modal terlebih dahulu. Pastikan modal untuk menjalankan bisnis ini apakah milik pribadi atau sistem bagi hasil. Jika modal untuk menjalankan bisnisnya dengan sistem bagi hasil, maka Anda harus membaginya secara merata dan diatur secara jelas sesuai dengan kesepakatan awal. Agar nantinya tidak ada yang merasa dirugikan. Bahkan untuk menghindari kesalah pahaman, dapat dilakukan perjanjian hitam di atas putih.

Penjelasan lain mengenai modal adalah Anda harus menyiapkan modal dengan seperfect mungkin karena dengan adanya modal Anda dapat melakukan penggandaan uang secara fisik, dapat menyiapkan fasilitas yang aman dan nyaman untuk mendukung bisnis Anda, dan yang lainnya.

9. Memulai Bisnis

Setelah poin sebelumnya sudah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan memulai bisnis yang akan Anda jalankan. Anda dapat membeli beberapa peralatan yang dibutuhkan menggunakan modal yang telah disiapkan. Selain itu, Anda juga dapat memilih tempat lokasi yang strategis yang telah di list sesuai dengan ketentuan yang Anda inginkan. Namun, untuk benar-benar memulai bisnis, Anda dapat melihat peluang bisnisnya terlebih dahulu dan menentukan target pasar. jika semuanya sudah siap barulah Anda dapat memulai bisnis.

10. Mengevaluasi Bisnis yang Telah Berjalan

Setelah bisnis yang Anda dirikan telah berjalan, Anda dapat melakukan evaluasi untuk melakukan pengembangan dan mengatur strategi lanjutan agar menjadi lebih baik lagi. Dengan memperhatikan kesalahan-kesalahan kecil dan memperbaikinya agar kedepannya tidak ada kesalahan yang membuat bisnis menjadi gagal.

Itu dia cara dalam memulai sebuah bisnis yang dapat Anda pelajari. Semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula Dari NOL Hingga SUKSES"